Oleh-oleh Batik Kudus

Batik Kudus Mulai Mendunia

Batik Kudus, pernah mengalami masa kejayaan pada era 1930-an. Hingga akhirnya, batik Kudus mulai meredup pada era 1970-an. Namun Batik Kudus mulai kembali diminati pada sekitar 1990-an.

Hingga sekitar tahun 2005, batik Kudus semakin diminati. Ini tak bisa dilepaskan dari peran seorang perempuan yang bernama Yuli Astuti, owner dari Muria Batik Kudus.

“Kini, batik Kudus secara perlahan tapi pasti, mulai diminati. Namanya, dikenal tak hanya di kancah lokal saja, melainkan sudah Nasional,atau bahkan sampai internasional. Batik Kudus sering ambil bagian dalam even-even berskala nasional maupun internasional,” ujarnya.

Melihat peluang batik yang masih terbuka lebar, pihak Dinas Perindustrian Koperasi dan UMKM akan menggelar pelatihan membatik, pada Senin (14/9) mendatang.

Menurutnya, dalam pelatihan yang akan dilaksanakan itu, sedikitnya sudah ada sekitar 120 orang yang berminant untuk mendaftarkan sebagai calon peserta. dengan rinciannya, 60 orang dilatih sebagai pembatik, termasuk soal pewarnaan. 60 sisanya akan dilatih sebagai desain batik,” ungkapnya.