Batik Tulis

Batik

Batik

Apa yang dimaksud dengan batik? Secara umum, pengertian batik adalah kain yang dilukis dengan cairan lilin malam menggunakan alat bernama canting sehingga di atas kain tersebut terdapat lukisan bernilai seni tinggi.

Pendapat lain mengatakan pengertian batik adalah kain bergambar yang dibuat khusus dengan cara menuliskan lilin pada kain mori (kain tenun berwarna putih, bahan untuk membuat batik). Kemudian kain tersebut diolah melalui proses tertentu sehingga menjadi pakaian yang bernilai guna tinggi.

 

Secara terminologi dan etimologinya, batik berasal dari bahasa Jawa yaitu dari kata “mbat” (melempar) dan “titik”, yang berarti melempar titik berkali-kali pada kain. Sederhananya batik merupakan seni dalam menghias kain dengan penutup lilin untuk membentuk corak hiasan tertentu serta membentuk sebuah bidang pewarnaan.

Pengertian Batik Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu batik, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Santosa Doellah

Menurut Santosa Doellah, pengertian batik adalah sehelai kain yang dibuat secara tradisional dan terutama juga digunakan dalam matra tradisional, memiliki beragam corak hias dan pola tertentu dimana pembuatannya menggunakan teknik celup rintang dengan lilin batik sebagai bahan perintang warna.

Lebih lanjut Santosa Doellah mengatakan bahwa suatu kain dapat disebut batik apabila mengandung dua unsur pokok, yaitu;

  • Jika memiliki teknik celup rintang yang menggunakan lilin sebagai perintang warna.
  • Miliki pola yang beragam hias khas batik.

2. Afif Syakur

Menurut Afif Syakur, batik adalah serentang warna yang meliputi proses pemalaman (lilin), pencelupan (pewarnaan) dan pelorotan (pemanasan), sehingga menghasilkan motif yang halus dimana semua proses tersebut membutuhkan ketelitian yang tinggi.

3. Irwan Tirta

Menurut Irwan Tirta, pengertian batik adalah suatu teknik menghias kain/ tekstil dengan menggunakan lilin dalam proses pencelupan warna, dimana semua proses tersebut dilakukan dengan menggunakan tangan.

Ciri-Ciri Batik

Kain batik memiliki karakteristik yang unik dan tidak dimiliki oleh jenis kain lainnya. Berikut ini adalah ciri-ciri batik secara umum:

1. Batik Tradisional

  • Memiliki corak dengan makna simbolik.
  • Corak batik terdapat variasi hias motif ular, pagoda, geometris, serta barong.
  • Warna batik cendrung gelap (coklat kehitaman, warna hitam) dan putih.
  • Umumnya motif batik memiliki ciri khas daerah asalnya.

2. Batik Modern

  • Corak pada batik tidak mengandung makna khusus.
  • Corak batik biasanya berbentuk tumbuhan, rangkaian bunga, dan lain-lain.
  • Warna batik cenderung bebas (biru, merah, ungu, dan lain-lain).

Jenis-Jenis Batik

Batik dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Sesuai dengan penjelasan mengenai pengertian batik, adapun beberapa jenis batik adalah sebagai berikut:

1. Batik Tulis

Sesuai namanya, batik tulis adalah jenis batik yang dibuat secara manual menggunakan tangan dengan bantuan alat canting untuk menerakan malam ke corak batik.

Cara pembuatannya yaitu dengan melukiskan sebuah pola pada kain dengan tangan. Sehingga dalam pembuatan jenis batik Ini Membutuhkan ketelatenan dan kesabaran yang tinggi karena setiap titik dalam motif berpengaruh terhadap hasilnya.

 

Selain itu karena dibuat dengan tangan sehingga motif yang dihasilkan juga tidak bisa sama persis antara satu motif dengan motif yang lain. Sehingga tak heran jika harga batik tulis sangat mahal.

2. Batik Cap

Batik cap adalah batik yang dibuat dengan semacam stempel motif batik. Stempel atau cap tersebut terbuat dari tembaga yang fungsinya menggantikan canting sehingga dapat mempersingkat waktu pembuatan batik.

Batik cap ini dihasilkan melalui proses pencelupan semacam alat yang sudah dibentuk sedemikian rupa pada kain. Namun motif batik cap dinilai kurang memiliki seni karena motifnya yang sama persis. Sehingga harga batik cap sangat murah karena pembuatannya masal.

3. Kombinasi Cap dan Tulis

Ada juga jenis batik yang merupakan kombinasi batik tulis dan batik cap. Jenis batik ini dibuat dalam rangka mengurangi kelemahan-kelemahan pada produk batik cap.

Dalam proses pembuatan batik kombinasi ini perlu persiapan yang rumit. Terutama dari penggabungan motif yang ditulis dan motif catnya. Namun untuk nilai seni produknya disamakan dengan batik cap.

4. Batik Printing

Batik printing atau yang disebut juga dengan batik sablon karena dalam proses pembuatan jenis batik ini lebih mirip dengan penyablonan. Dalam pembuatan batik printing menggunakan alat offset atau sablon.

Dari segi pengerjaannya sangat mudah dan efektif waktu. Harga batik ini juga cukup terjangkau seperti harga batik cap.