Batik Tulis

Adalah proses menggambar motif atau pola batik pada secarik kertas, proses ini membutuhkan keterampilan dan keahlian khusus. Maka dari itu tidak semua orang dapat melakukannya.

Atau dalam bahasa yang lebih dimengerti adalah “jiplak”. Adalah proses memindahkan gambar yang telah disungging pada secarik kertas tadi, ke sebuah kain putih.

Adalah proses menempelkan cairan malam lilin panas ke atas kain putih tadi sesuai pola yang digambar, dengan bantuan alat canting. Dalam tahap ini motif batik yang dibuat akan mulai terlihat.

Memberi isenan (isian). Adalah proses mengisi pola yang sebelumnya sudah dilowong, sesuai dengan rencana motif yang akan dibuat. Tahap ini juga menggunakan media canting.

Adalah proses mewarnai pada bagian – bagian motif yang banyak terlihat. seperti kupu – kupu, daun, bunga dan lainnya. dengan bantuan kuas, seperti kegiatan mewarnai lukisan

Adalah proses menutup bagian kain yang telah diwarna pada tahap nyolet dengan lilin malam. Dalam proses ini diiringi juga dengan proses nembok, yaitu proses menutup bagian kain yang tidak ingin diwarnai pada tahap berikutnya.

Adalah proses pewarnaan kain secara menyeluruh, untuk mendapatkan warna dasar. Yaitu dengan merendamnya pada pewarna alami secara menyeluruh.

Adalah proses memasukkan kain pada air mendidih yang bertujuan untuk meluruhkan atau menghilangkan lilin malam yang menempel pada kain.

Adalah proses memberikan titik pada garis – garis ornamen utama dengan menggunakan canting yang agak kecil dan halus sehingga hasil titik yang dibuat terlihat rapi.

Adalah proses menutup kembali beberapa bagian kain yang tidak ingin diwarnai dengan menggunakan lilin malam.

Adalah proses mencelupkan kain dengan warna sogan atau coklat, yang merupakan warna khas batik pesisir, seperti batik Kudus, batik Pekalongan, batik Lasem, dan batik Jepara

Adalah proses meluruhkan kembali lilin malam yang menempel pada kain, dengan air yang mendidih. Apabila batik yang dibuat hendak diwarnai dengan warna lain lagi. Maka ulangi proses pewarnaan, penutupan, dan peluruhan, hingga mendapatkan warna – warna yang diinginkan