” Ciri Utama Batik Kudus”,

Kudus – Salah satu motif batik yang kini tengah kembali di gemari banyak orang  adalah batik Kudus. Batik Kudus merupakan salah satu golongan batik pesisir, seperti batik Pekalongan, batik Lasem, dan batik Jepara.

Menurut Yuli  Astuti pemilik  Galeri Muria Batik Kudus hal yang membedakan batik Kudus dengan batik lainnya adalah akulturasi budaya antara budaya China, pribumi, dengan unsur Islam Karena Kudus merupakan asal dari dua Wali Songo penyebar Islam di Tanah Jawa, yakni Sunan Kudus dan Sunan Muria.

Baca Juga :  SANGGAR MURIA BATIK

Sehingga, dalam motif batik Kudus. Aksen Islam dalam batik Kudus hadir dalam motif-motif seperti Menara Kudus, kaligrafi , dan sebagainya.

Namun, motif batik Kudus juga mengandung kearifan lokal. Hal ini terlihat dari munculnya motif seperti Kapal Kandas, Parijotho, Gebyok, dan isen-isen beras kecer.

Motif batik Kudus misalnya adalah Parijotho yang amat dikenal oleh masyarakat Kudus. Motif lainnya adalah Menara Kudus, Gebyok, Pakis Haji, Bulusan, Kapal Kandas, dan sebagainya.” ungkap Yuli Astuti.

karakteristik lain batik Kudus adalah pemilihan warna. Batik Kudus biasanya dominan dengan warna tradisional sogan atau warna cokelat maupun biru indigo.

Post Author: admin