Batik Kudus

Batik Kudus adalah batik yang berasal dari Kota Kudus Jawa Tengah, dengan motif yang kaya dengan kearifan budaya lokal. Batik Kudus adalah sebuah ikon batik Kota Kretek karena kaya dengan motif yang sangat menggambarkan kekayaan alam, budaya, sejarah Kota Kudus.

Bagi warga Kota Kudus sendiri, Batik Kudus adalah semacam batik yang kini bisa kembali dibanggakan. Lantaran Batik Kudus kini sudah mulai bangkit dan dikenal masyarakat baik secara lokal maupun internasional.

Sebab perlu diketahui, bahwa Batik Kudus sempat mengalami mati suri, maksudnya tidak ada perkembangan. Bisa dikatakan kerajinan Batik Kudus sempat dikatakan punah.

Namun pada Tahun 2000-an, Baik Kudus mulai bangkit kembali. Sebab Batik Kudus mulai dibangkitkan kembali.

Kebangkitan Batik Kudus terlihat, diawali dengan kemunculan Galeri Muria Batik Kudus. Tempat ini dikelola oleh Yuli Astuti, sehingga bisa dikatakan dirinya sebagai tokoh pelopor Batik Kudus era milenial.

Batik Kudus kini pun mulai dikenal, dan menjadi kebanggaan warga Kudus. Dan bahkan menjadi sebuah cindera mata yang wajib dibawa pulang oleh mereka yang mengunjungi Kota Kudus.

Baca Juga :  Batik Khas Kudus, Perlu Dilestarikan

Motif Batik Kudus sendiri sangat beragam, sesuai namanya motif batik ini jelas menggambarkan wajah Kota Kudus itu sendiri. Adapun motif batik yang sudah dikenal diantaranya Motif Menara, Motif Kretek, Motif Muria, dan masih banyak lagi.

Yang jelas, Batik Kudus sendiri akan terus berkembang. Perkembangan ini harusnya didukung oleh segenap lapisan masyarakat.

Sebab dengan berkembangnya Batik Kudus, pastinya akan memberikan banyak keuntungan Bagi Warga Kudus terutama. Diantaranya terbukanya sektor lapangan kerja baru, dan juga menjadikan nama Kota Kudus semakin terangkat dengan kerajinan batiknya.

Batik Kudus sendiri kini pun bisa dikatakan sudah bisa sebanding dengan batik-batik ternama dari daerah lainnya. Bahkan namanya sudah sangat terkenal hingga ke luar negri.

Ini dibuktikan dengan adanya beberapa pagelaran fashion show yang mengusung tema Batik Kudus. Anda bisa mengeceknya di mesin pencari Google, dan Anda akan menemukan hal tersebut dan informasi menarik lainnya mengenai Batik Kudus.