Sekilas Tentang Tradisi Batik Kudus

Batik Kudus adalah batik asli Indonesia dengan motif yang terinspirasi dari kearifan lokal kota Kudus Jawa Tengah. Batik Kudus adalah sebuah ikon budaya yang kini telah mendunia.

Batik kudus adalah batik yang lahir di Kota yang terkneal dengan julukan Kota Kretek. Kudus sendiri merupakan sebuah Kota kecil yang berada di jalur pantura Jawa Tengah.

Batik Kudus Adalah

Banyak orang yang bertanya adakah Kudus yang tersohor dengan sebutan kota kretek memiliki tradisi membatik? Lazimnya, kita mengenal batik dari Pekalongan, Lasem, Solo dan Yogyakarta. Tidak salah memang, karena akhir-akhir ini baru ada upaya untuk mempopulerkan kembali batik Kudus. Ikuti penelusuran kami berikut ini.

Siang itu, kami berkunjung ke sebuah rumah di Desa Karang Malang. Sebuah rumah tradisional dengan pintu depan berupa ukiran khas Kudus. Di sebelah rumah, terdapat workshop. Rumah tersebut adalah rumah Muria Batik Kudus milik Ibu Yuli Astuti. Seorang penggiat batik Kudus. Sayangnya, karena bertepatan pada hari minggu, kami kehilangan kesempatan untuk menyaksikan tangan-tangan terampil menggoreskan keindahan pada kain.

Ibu Yuli Astuti adalah bagian dari segelintir orang yang berusaha membangkitkan kembali batik Kudus. Ia mulai menekuni batik Kudus pada tahun 2005. Selain melakukan pelatihan membatik bagi masyarakat. Ia melompat dari satu pameran ke pameran busana berikutnya untuk memperkenalkan batik Kudus.

Batik Kudus adalah bagian dari batik pesisir. Batik pesisir sendiri merupakan batik yang diproduksi di area pesisir utara Jawa dan Madura. Karena letaknya yang terbuka dengan perdagangan maritim pada masa lampau. Corak pada batik pesisir menyerap unsur-unsur budaya lain seperti China dan Belanda. Corak batik seperti Naga, burung Phoniex, dan Kilin seringkali menghiasi batik pesisir.

Batik ini sendiri terus mengalami perkembangan, ini terlihat dari motifnya. Saat ini sudah ditemukan sekitar 70 motif, dan kemungkinan akan terus bertambah jumlahnya.

Bila Anda ingin mendapatkan batik kudus, silahkan kunjungi galeri Muria batik Kudus. Silahkan hubungi nomor CS Muria batik Kudus +62 813-2560-8284 untuk lebih lanjut.

Batik Kudus

SUMBER : Merawat Atau Dibiarkan Punah Batik Kudus

Leave a Reply

Your email address will not be published.