Skip to content

Permintaan Batik Kudus Meningkat Usai Juara di TMII

Batik Kudus memang sudah dikenal di beberapa kalangan. Bahkan sejak menjadi salah satu juara di ajang lomba produk unggulan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) beberapa waktu lalu, permintaan batik semakin meningkat.

Efek positif dirasakan pemilik Muria Batik Kudus, Yuli Astuti, setelah berhasil menjadi juara harapan pertama, pada even di TMII lalu. ”Permintaan batik sendiri memang meningkat. Karena semakin banyak yang mengenal batik Kudus,” jelasnya.

Setelah hampir lima tahun mengikuti kegiatan yang sama, baru kali ini Kabupaten Kudus meraih juara. Dan itu menjadi satu hal yang patut dibanggakan, karena dengan demikian akan mendongkrak produk asal Kabupaten Kudus itu.

”Dampaknya memang cukup nyata. Karena memang tentunya angka permintaan pekan ini sudah mulai terdongkrak. Bahkan mencapai sekitar 50 persen,” katanya.

Yuli mengatakan, even ini sekaligus sebagai media untuk memperluas jaringan. Karena pengrajin bisa langsung berinteraksi dengan konsumen yang hadir di sana.

”Oleh karena itu kami manfaatkan dengan sebaik-baiknya even tersebut, dengan memamerkan sekaligus memasarkan produk batik khas Kudus yang berkualitas,” terangnya.

Dikatakan Yuli, meski mengalami kenaikan permintaan, namun dia tidak lantas berkutat pada hal itu saja. Namun lebih fokus pada soal pencitraan produk pada konsumen, untuk menarik minat beli.

”Di sisi lain memang perlu ada peningkatan kualitas produk. Supaya tidak mengecewakan konsumen. Makanya harus diprioritaskan mengenai hal itu,” terangnya.

Pihaknya berharap predikat juara tidak lantas membuat pengrajin berhenti di sana. Namun produk batik Kudus bisa dikenal dan disukai oleh khalayak. ”Pada akhirnya batik pun bisa menjadi ikon ekonomi di sektor UMKM,” imbuhnya.

 

Sumber http://www.murianews.com/2016/06/12/85667/ok-permintaan-batik-kudus-meningkat-usai-juara-di-tmii-murianewscom-kudus-batik-kudus-memang-sudah-dikenal-di-beberapa-kalangan-bahkan-sejak-menjadi-salah-satu-juara-di-ajang-lomba-produk.html

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *